Campursari Blitarian. Blog ini dibangun untuk berbagi ilmu, berita sekaligus ajang sambung rasa mengenai dunia musik campursari. Blog ini kami persembahkan kepada para pecinta musik campursari di seluruh dunia, untuk yang tua dan yang muda. Mari kita angkat nilai dan pamor musik campursari di mata dunia.

Jumat, 25 April 2014

Musik Campursari Antara Pelestarian dan Perusakan Budaya

Oleh: Heri Yonathan Susanto
Musik campursari dalam 20 tahun terakhir ini berkembang dengan pesat. Hampir di setiap kampung bahkan beberapa lembaga baik pemerintah maupun swasta kita jumpai kelompok musik jenis ini. Tidak hanya di Yogyakarta dan Jawa Tengah saja tetapi di Banyuwangi Jawa Timur yang menggabungkan musik etnik tanah Osing dengan musik diatonis dan fenomena perkembangan musik campursari ini merebak sampai seluruh daerah di Banyuwangi. Musik campursari menjadi salah satu jenis musik komersial yang digemari oleh masyarakat dari berbagai golongan sosial ekonomi dan dijumpai dalam berbagai macam acara seperti pesta pernikahan, promosi wisata, perayaan hari-hari besar, dan lain-lain.
Sumber: http://p4tksb-jogja.com/index.php?option=com_content&view=article&id=292:musik-campursari-antara-pelestarian-dan-perusakan-budaya&catid=70:umum&Itemid=192

Tidak ada komentar:

Posting Komentar