Campursari Blitarian. Blog ini dibangun untuk berbagi ilmu, berita sekaligus ajang sambung rasa mengenai dunia musik campursari. Blog ini kami persembahkan kepada para pecinta musik campursari di seluruh dunia, untuk yang tua dan yang muda. Mari kita angkat nilai dan pamor musik campursari di mata dunia.

Jumat, 25 April 2014

Gamelan dan Musik Campursari Ditinjau dari Tangga Nadanya

gamelanGamelan merupakan jenis musik asli bangsa Indonesia, khususnya budaya tradisional Jawa. Peran serta keberadaanya sangat dekat dengan masyarakatnya melalui berbagai pertunjukan kesenian tradisional. Hampir setiap kesenian tradisional Jawa melibatkan atau menggunakan jenis musik ini sebagai iringannya, seperti ketoprak, wayang (baik wayang kulit maupun wayang orang), karawitan, jathilan (walau hanya beberapa saja alat musik gamelan yang dipakai), dan kesenian tradisional Jawa yang lain. Dengan berbagai karakter serta keunikannya menjadikan jenis musik ini sangat terkenal di seluruh dunia dan digandrungi oleh berbagai bangsa di dunia ini. Sejalan dengan itu, disatu sisi ironisnya, banyak orang dari bangsa kita sendiri, khususnya generasi muda, tidak menyukai dan bahkan tidak mengenal musik gamelan yang merupakan musik asli bangsanya sendiri. Mereka lebih merasa akrab/ dekat dan cocok dengan musik barat yang dinilai lebih pas untuk anak muda. Sehingga kebanyakan penggemar musik gamelan adalah usia menengah keatas. Kalau hal ini terus terjadi lama-kelamaan bangsa kita akan kehilangan musiknya yang begitu adiluhung dan membanggakan itu. Bukan tidak mungkin bangsa lainlah yang akan memiliki ataupun mengeksperti tentang kesenian yang satu ini.

Download Artikel Lengkap : Gamelan dan Musik Campursari Ditinjau dari Tangga Nadanya

Sumber: http://p4tksb-jogja.com/index.php?option=com_content&view=article&id=335:gamelan-dan-musik-campursari-ditinjau-dari-tangganadanya&catid=69:seni&Itemid=192


Tidak ada komentar:

Posting Komentar